Mengatasi Kucing Keracunan Amitraz

Amitraz adalah suatu zat bahan kimia yang digunakan sebagai pencegahan dan pengobatan kutu, infeksi parasit seperti kudis atau kurap pada hewan kesayangan seperti kucing dan anjing. Amitraz dalam pelaksanaan pengobatan terhadap kutu ataupun kudis dapat dilakukan dengan pencelupan (dips) atau hanya secara topikal di kulit saja. 
Keracunan obat Amitraz sering terjadi pada anjing dibandingkan dengan kucing. Namun begitu keracunan amitraz pada kucing dipandang sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kematian pada kucing. Bila dilihat dari kasus per kasus dari keracunan amitraz ini, biasanya kejadian tersebut merupakan penyalahgunaan produk anjing di kucing.

Gejala klinis yang terjadi pada kucing yang keracunan amitraz adalah sebagai berikut :
  • Kucing mengalami depresi berat
  • Kucing mengalami kelemahan
  • Kucing mengalami ketidakseimbangan gerakan/inkoordinasi
  • Kucing sering berbaring di salah satu sisi tubuh,dan tidak bergerak
  • Denyut jantung yang lambat
  • Suhu tubuh kucing rendah
  • Kucing mengalami muntah
  • Kucing mengalami diare
  • Adanya peningkatan buang air kecil
  • Kucing mengalami kematian
Keracunan Amitraz dapat terjadi akibat menelan atau terpapar produk yang mengandung Amitraz. Keracunan Amitraz dapat terjadi pada kucing ketika produk anjing yang mengandung Amitraz digunakan untuk kucing atau ketika kucing kontak dengan anjing yang sedang diobati amitraz dan obat Amitraz masih ada di kulit atau di bulu anjing kemudian menempel pada kucing. 

Cara Pengobatan Keracunan Amitraz
Jika Amitraz berada pada kulit maupun bulu, maka kucing harus dimandikan atau bulu dicuci dengan deterjen mencuci piring atau sampo, ini berguna untuk menghilangkan sisa-sisa amitraz di bulu atau kulit kucing, lalu, kemudian bulu kucing dibilas sampai bersih dengan air hangat.
Terapi suportif seperti infus cairan intravena, pemeliharaan suhu tubuh dan dukungan nutrisi sangat diperlukan untuk pengobatan keracunan amitraz. Untuk itu kucing harus dipantau dengan ketat.
Pengunaan Hidrogen peroksida dapat digunakan untuk menginduksi muntah dan membersihkan Amitraz yang tersisa di dalam perut kucing. Kemudian pengunaan Arang aktif dapat juga digunakan untuk membantu mencegah penyerapan lebih lanjut dari Amitraz di dalam perut atau di saluran pencernaan kucing.
Obat lain yang kadang-kadang digunakan untuk menangani dan mengobati keracunan amitraz adalah yohimbine dan atipamezole.

Comments

Popular posts from this blog

RESEP BAKMI ALA BAKMI GAJAHMADA (GM)

Cara Mengcopy Aplikasi Android

Kenapa Sebaiknya Kamu Jangan Nonton Bokep Rame-Rame