Kucing Keracunan Obat Asetaminophen

Kucing Keracunan Acetaminophen
Acetaminophen merupakan obat yang berguna untuk menghilangkan rasa sakit yang biasa atau sering digunakan oleh manusia. Jika kita flu atau pilek sering kita mengunakan obat flu semisal untraflu, dan ini sangat manjur untuk manusia, namun bagaimana jika obat tersebut diberikan untuk kucing...??,
Kucing dapat keracunan obat yang mengandung asetaminofen tersebut, baik secara tidak sengaja ataupun karena ketidaktahuan si pemilik kucing. Si pemilik merasa bahwa apabila kucingnya terserang flu atau pilek maka obat manusia seperti ultraflu akan menyembuhkan kucingnya... dan bukannya sembuh malah akan menimbulkan masalah yang baru yaitu keracunan.


Gejala Klinis Kucing Keracunan Asetaminophen
Kucing sangat sensitif terhadap toksisitas asetaminofen, dengan kadar asetaminopen serendah 10 mg per kg berat badan dalam tubuh kucing, maka kucing tersebut akan mengalami gejala keracunan seperti:
  • Gusi Kucing berwarna kecoklatan-abu
  • Kucing akan mengalami Sesak napas
  • Wajah, leher atau anggota badan kucing akan mengalami bengkak
  • Kucing juga akan mengalami Hipotermia (suhu tubuh rendah)
  • Tidak jarang juga kucing mengalami Muntah-muntah
  • Kucing mengalami Penyakit kuning (warna kekuningan pada kulit, putih mata), karena kerusakan hati
  • Yang terakhir kucing akan mengalami Koma dan mati
Pengobatan
Jika kucing Anda mengalami keracunan asetaminophen maka kucing tersebut membutuhkan perawatan yang intensif, biasanya akan diberikan oksigen, cairan infus intravena, vitamin C, cimetidine, dan N-acetylcysteine. Asam amino cystiene juga dapat digunakan untuk pengobatan, karena asam amino tersebut berguna untuk memperbaiki kerusakan hati kucing akibat keracunan asetaminophen. Cystiene juga dapat mengurangi tingkat racun asetaminophen yang ada didalam tubuh kucing.

Comments

Popular posts from this blog

RESEP BAKMI ALA BAKMI GAJAHMADA (GM)

Cara Mengcopy Aplikasi Android

Kenapa Sebaiknya Kamu Jangan Nonton Bokep Rame-Rame