Cara Mengobati Kembung Pada Kambing

Cara Mengobati Sakit Kembung Pada Kambing-Bagi anda yang sering memelihara kambing, baik itu kambing garut, kambing kacang, kambing boer, kambing etawa, kambing boerawa ataupun kambing PE, pasti pernah mengalami ternaknya terkena kembung. Kebanyakan kambing yang terserang kembung atau bloat akan mengalami kematian jika tidak segera diobati. Terlambat mengobati kembung pada kambing akan berakibat fatal dan kita bisa kehilangan ternak kita karena telah mati menjadi bangkai kambing.
gambar kambing

Jadi Bagaimana cara mengobati kambing yang mengalami kembung atau bloat...? Hampir sama dengan pengobatan kembung pada sapi, pengobatan kembung pada kambing dibutuhkan obat-obatan seperti antibloat. Cara pengobatan ini sangat sederhana yaitu hanya memasukkan obat anti bloat ke dalam mulut kambing. Di dalam rumen atau lambung kambing obat antibloat ini akan bekerja menyerap dan menetralisir gas yang ada di lambung kambing sehingga secara berangsur-angsur kembung akan mengecil dan hilang dengan sendirinya. 
Pengobatan kembung cara tersebut diatas hanya berlaku jika disebabkan kambing mengalami kembung karena memakan hijauan yang masih muda, makan kacang-kacangan yang terlalu banyak, atau makan daun yang masih basah. Tapi jika adanya benda asing yang menyebabkan kembung, seperti bungkus plastik atau tali tambang yang tertelan kambing maka pengobatan diatas tidak membawa hasil, hal ini terjadi karena adanya penyumbatan di usus ataupun di ujung lambung. Sehingga pengobatan yang paling efektif adalah pembedahan lambung.
Ada cara lain untuk mengobati sakit kembung pada kambing, yaitu mengunakan trochart kambing. Cara mengobati kembung dengan trochart adalah :
Lambung kambing yang mengalami kembung ditusuk dengan trochart, kemudian paku penusuk dicabut perlahan-lahan sehingga gas atau angin akan keluar dari lambung kambing. Pencabutan paku trochart tidak boleh cepat-cepat, ini akan menimbulkan perubahan tekanan lambung yang drastis dan cepat sehingga kambing akan mengalami shock dan kehilangan tekanan lambung yang sangat besar. Agar kembung tidak berlanjut maka pemberian antibloat + penstrep dapat diterapkan melalui lubang trochart.
Cara lain untuk mengobati kembung pada kambing adalah dengan memasukkan selang ke dalam mulut menuju ke lambung. Pada proses pemasukan selang ke lambung harus hati-hati karena bisa masuk ke dalam paru-paru kambing, jadi dalam hal ini harus benar dan dipastikan bahwa selang menuju ke lambung kambing. Setelah ujung selang berada di lambung maka gas akan keluar dari lambung, kemudian disarankan untuk memberikan antibloat dan penstrep ke dalam lambung melalui selang tersebut.
Demikian beberapa cara mengobati sakit kembung pada kambing, semoga dapat bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

RESEP BAKMI ALA BAKMI GAJAHMADA (GM)

Cara Mengcopy Aplikasi Android

Kenapa Sebaiknya Kamu Jangan Nonton Bokep Rame-Rame