Ciri-Ciri Kambing Birahi

Banyak peternak kambing yang tidak mengetahui ciri-ciri kambing sedang birahi atau mau kawin, dan parahnya lagi para inseminator kambing tidak pernah menjelaskan tanda-tanda birahi pada kambing. Sehingga tingkat keberhasilan inseminasi buatan pada kambing sangat kecil. 

Sangat jarang sekali melihat keberhasilan IB pada kambing dibandingkan dengan keberhasilan IB pada sapi. IB di sapi memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi karena peternak sapi sudah mengerti dan memahami tentang tanda-tanda sapinya sedang birahi, sehingga ketepatan waktu IB dapat tercapai.

Hal tersebut sangat berbeda dengan peternak kambing, sehingga perlu edukasi dan penyuluhan secara terus menerus agar para peternak kambing memiliki pemahaman yang sama dengan peternak sapi. Jika peternak kambing sudah mengetahui tentang tanda-tanda birahi pada kambingnya, maka peningkatan mutu kambing dari sifat genetiknya dapat ditingkatkan dan dapat meningkatkan performa kambing menjadi kambing yang besar dan berdaging banyak.

Saat ini dalam perkembangbiakan kambing, lebih mengutamakan kawin alam dari pada kawin suntik (IB), sehingga dampaknya kambing menjadi semakin tambah kecil, karena bapaknya kambing dikawinkan lagi dengan anaknya lagi. Ini menyebabkan penurunan genetika pada kambing tersebut.
Untuk itu kami mencoba menjelaskan tentang tanda tanda kambing minta kawin agar para peternak kambing mengetahuinya untuk upaya ketepatan insemiansi buatan pada kambing.

Pada prinsipnya hampir sama dengan birahi pada sapi, kambing pun pada saat birahi akan mengeluarkan lendir bening pada alat kelaminnya, alat kelamin kambing agak membengkak dan berwarna agak kemerahan, kambing akan nampak gelisah dan terus mengembik embik, kambing sering kencing atau buang air seni, serta kadang-kadang nafsu makan kambing juga menurun.
Itulah beberapa ciri kambing siap untuk di inseminasi buatan atau di IB.
Demikian ciri-ciri atau tanda-tanda kambing sedang birahi, semoga dapat bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

RESEP BAKMI ALA BAKMI GAJAHMADA (GM)

Cara Mengcopy Aplikasi Android

Kenapa Sebaiknya Kamu Jangan Nonton Bokep Rame-Rame