Cara Memberi Makan Kucing Yang Baik

Cara memberi makan kucing biasanya dilakukan 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan sore. Namun ada juga yang memberi makan 3 kali sehari, yaitu pagi, siang dan sore hari.  Mana yang lebih baik...? Perlu diketahui bahwa volume lambung kucing terbatas artinya jika di paksakan dengan makan yang banyak dalam sekali makan akan menyebabkan muntah, tersedak, batuk, sakit perut dsbnya. Seandainya berat kucing adalah 4 kg maka kebutuhan makan dalam sehari adalah 80 gr atau sekitar 2 % makanan kering. Sehingga jika diberikan 2 kali sehari maka per sekali makan adalah 40 gr (40 gr pagi dan 40 gr sore), ini akan membuat lambung kucing sangat penuh dan menimbulkan efek yang kurang baik bagi kucing, disamping itu kucing pada saat setelah 7 jam setelah makan atau sekitar jam 2 siang si kucing akan merasa sangat kelaparan, sehingga ini tidak baik untuk kesehatan si kucing itu.  
Cara Memberi Makan Kucing
Lain halnya dengan kucing berat 4 kg yang diberikan makan 3 kali sehari yaitu pagi, siang dan sore hari. Jumlah kebutuhan pakannya sama yaitu 80 gr, hanya pada pagi hari makanan yang diberikan adalah 30 gr, kemudian siang 20 gr dan sore diberikan 30 gr.  Keuntungan dari cara memberikan makan pola ini adalah kucing tidak terlalu kenyang, tidak menimbulkan muntah, tidak menimbulkan sakit perut dan pada siang hari si kucing tidak merasa lapar. Jadi cara mana yang lebih baik baik untuk si kucing...?

Kemudian mengenai kebutuhan protein, protein minimum yang dibutuhkan kucing adalah 26 % makanan kering / dry food, artinya jika kita memberikan makanan dengan kadar protein 20 % maka yang terjadi adalah pertumbuhan kucing menjadi terhambat dan kucing akan nampak tidak mempunyai energi atau loyo, lemas, tidak bersemangat. Tapi jika kucing diberikan protein 35 %, maka kelebihan protein tersebut akan di ubah oleh tubuh kucing menjadi energi untuk keperluan aktifitasnya sehari-hari, sehingga kelebihan protein bagi kucing tidaklah berpengaruh bagi kesehatan kucing tersebut.
Kemudian makanan kucing juga harus memiliki taurin. Taurin merupakan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh kucing, minimal 0,1 % dalam makanan kucing tersebut. Kekurangan taurin dalam tubuh kucing akan menyebabkan kucing menjadi sakit jantung dan penyebab buta pada kucing tersebut.
Selanjutnya kebutuhan vitamin, kucing juga membutuhkan multivitamin dalam tubuhnya seperti A, D, E, B-Komplek, K. Namun perlu diketahui bahwa vitamin A yang bisa di absorbsi dan dipergunakan oleh kucing hanya vitamin A yang berasal dari Retinil Palmitat, selain itu tidak bisa diserap oleh kucing.
Berikut adalah komposisi makanan ideal bagi kucing :
  • Protein Kasar atau Crude Protein 32 %
  • Kadar lemak atau Crude Fat 19 %
  • Serat kasar atau Crude Fiber 5 %
  • Kadar air 10 %
  • Linoleid Acid 3,9 %
  • Taurin 0,18 %
  • Magnesium 0,08 %
  • Zink 200 mg/kg
  • Vitamin C 100 mg/kg
  • Vitamin E 250 IU/kg
  • Vitamin A
  • Lactobacillus Acidophilus 100 juta CFU/kg
Demikian cara memberi makan kucing yang baik, semoga dapat bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

RESEP BAKMI ALA BAKMI GAJAHMADA (GM)

Cara Mengcopy Aplikasi Android

Kenapa Sebaiknya Kamu Jangan Nonton Bokep Rame-Rame