Cara Mengatasi Kembung Pada Sapi

Ada beberapa cara mengatasi kembung pada sapi, mulai dari bahan-bahan yang mudah didapat sampai dengan mengunakan alat untuk mengobati kembung pada sapi tersebut. Tapi sebelum itu harus diketahui dahulu penyebab kembung pada sapi. Sehingga suatu saat nanti tidak terulang lagi. Kembung pada sapi ini termasuk penyakit pada hewan yang berbahaya, karena jika tidak cepat di tolong akan menimbulkan kematian pada sapi tersebut.
antibloat & trochart
antibloat & trochart

Ada beberapa penyebab sapi kembung yaitu sapi terlalu banyak makan rumput yang masih muda, sapi banyak makan jenis pakan kacang-kacangan, adanya sumbatan pada rumen sapi karena adanya benda asing yang ikut tertelan ke dalam mulut dan masuk kedalam rumen, atau bisa juga karena sapi kurang minum sehingga membuat feses/tinja menjadi keras yang kemudian gas tidak bisa keluar dari perut sapi.
Berikut adalah beberapa cara mengatasi kembung pada sapi di mulai dari cara yang paling mudah sampai dengan cara yang membutuhkah keahlian tingkat tinggi. Cara yang paling mudah untuk mengatasi kembung pada sapi dimulai dari pemberian minuman bersoda contohnya SPRITE atau bisa juga memberikan soda kue sebanyak 25 gr yang dicampur dengan air 1 ltr, kemudian bisa juga menggunakan obat Natrium Bicarbonat untuk mengobati kembung tersebut sebanyak 10 tablet, cara yang lain lagi adalah memberikan obat kembung seperti tympanol atau antibloat. Jika cara-cara tersebut tidak juga sembuh, maka pergunakan alat seperti selang 1/2 inci sepanjang 2 meter atau bisa juga kita mengunakan trochart khusus sapi untuk mengobatinya.
  1. Cara mengobati Kembung pada sapi dengan mengunakan Sprite, Soda kue, Natrium bicarbonat, antibloat.
    • Lakukan palpasi rektal, bersihkan kotoran sapi sampai bersih.
    • Masukan obat kedalam mulut sapi dengan menggunakan botol dengan cara di cekokkan
    • Ganjal mulut sapi dengan bambu agar tetap terbuka, dan usahakan agar mulut menghadap keatas, tunggu sampai gas bisa keluar dari dalam rumen.
    • Proses ini agak berjalan lama.Jika tidak juga sembuh lakukan cara ke 2 atau ke 3.

  2. Cara mengobati kembung dengan mengunakan selang.
    • Lakukan palpasi rektal, bersihkan kotoran sapi sampai bersih.
    • Ambil selang ukuran 0,5-3/4 inci dan masukkan kedalam mulut sapi dengan bantuan pipa atau bambu yang ditaruh (diganjal) di mulut sapi, lakukan dengan hati-hati jangan sampai masuk kedalam saluran pernafasan.
    • Setelah selang masuk kedalam rumen / lambung sapi kemudian masukan obat antibloat kedalam mulut sapi melalui selang tersebut.
    • Ganjal mulut sapi dengan bambu agar tetap terbuka, dan usahakan agar mulut menghadap keatas, tunggu sampai gas bisa keluar dari dalam rumen.
    • Pengobatan ini membutuhkan keahlian yang tinggi.

  3. Cara mengobati kembung dengan mengunakan trochart.
    • Buat gambar segi tiga pada daerah legok lapar, terletak di sebelah kiri sapi, antara tulang rusuk terakhir dengan tulang pinggul di sebelah atas. 
    • Olesi dengan alkohol 70 % pada kulit sapi yang akan ditusuk trochart.
    • Tarik kulit sapi dan tusukkan trochart ke daerah yang kita gambar tadi tepat diatas rumen / lambung, tarik trochart secara perlahan-lahan, gas akan keluar. Dalam menarik trochart tidak boleh terlalu cepat karena rumen akan kehilangan tekanan terlalu cepat dan dapat membahayakan sapi.
    • Masukan obat anti bloat kedalam rumen sapi melalui pipa trochart yang masih menembus rumen sapi.
    • Setelah selesai memasukkan obat, tarik keluar pipa trochart dari rumen.
    • Berikan antibiotik untuk mengobati luka bekas tusukan trochart tersebut.

Jika kembung pada sapi disebabkan karena adanya benda asing /corpora aliena seperti plastik, tambang atau benda lainnya maka cara mengatasinya adalah pembedahan atau operasi pembedahan rumen sapi.Ini membutuhkan teknik pengobatan dan ketelitian, kehati-hatian yang sangat tinggi.

Comments

Popular posts from this blog

RESEP BAKMI ALA BAKMI GAJAHMADA (GM)

Cara Mengcopy Aplikasi Android

Kenapa Sebaiknya Kamu Jangan Nonton Bokep Rame-Rame