Cara Mengobati Kembung Pada Kelinci

Kembung pada kelinci terjadi karena adanya gas didalam lambung dan usus yang tidak dapat keluar. Kembung ini juga disebut dengan bloat. Adanya kembung pada kelinci dapat menyebabkan kematian pada kelinci jika tidak segera diobati. Kejadian kembung pada kelinci hampir sama dengan masuk angin pada manusia, namun penyebab utama dari kembung pada kelinci lebih banyak disebabkan karena mengkonsumsi rumput atau hijauan yang terlalu muda dan basah.
Kelinci Kembung
kelinci kembung
Penyebab lain dari kembung pada kelinci adalah adanya sumbatan pada lambung atau usus kelinci sehingga gas tidak bisa keluar. Sumbatan ini bisa berasal dari benda-benda asing yang ikut masuk kedalam usus atau lambung. Kembung juga bisa disebabkan karena adanya pengaruh sembelit pada kelinci. Sedangkan sembelit pada kelinci disebabkan karena kurangnya serat pada pakan kelinci.
Gejala yang muncul pada kelinci yang mengalami sembelit adalah perut kelinci agak membesar, perut berisi angin, kelinci tidak mau makan, kelinci mengalami lemas, tidak agresif, lesu terkadang disertai demam.
Untuk mencegah terjadinya kembung pada kelinci, maka sebaiknya pakan kelinci harus dilayukan terlebih dahulu. Berilah makanan yang mengandung serat tinggi. Seperti bayam, wortel dan kangkung, namun perlu diperhatikan bahwa saat ini kita harus hati-hati dalam memilih sayuran kangkung atau bayam untuk makanan kelinci, karena tanaman tersebut biasanya di obati dengan pestisida untuk menghindari hama pada kangkung atau bayam. Sehingga jika tidak kita cuci terlebih dahulu, bisa menyebabkan penyakit pada kelinci, terutama kerusakan organ hati dan ginjal kelinci. Atau jika mau aman dalam memilih kangkung atau bayam, maka pilihlah daun kangkung/bayam yang diserang ulat. Itu menandakan bahwa bayam/kangkung bebas dari pestisida.
Sedangkan Obat yang paling efektif dan manjur untuk mengobati kembung pada kelinci adalah obat yang mengandung dimeticon. Contoh merk dagang obat kembung itu adalah Antibloat. Sebenarnya obat ini biasa digunakan untuk sapi, kambing atau domba yang kembung, namun ternyata obat antibloat itu manjur juga untuk pengobatan kembung pada kelinci.
Cara mengobati kembung pada kelinci dengan mengunakan obat antibloat adalah sebagai berikut :
  1. Ambilah spuit / syringe 5 atau 10 ml (tanpa jarum) dan masukan obat antibloat sebanyak 5 cc.
  2. Masukan obat antibloat kedalam mulut kelinci secara perlahan-lahan sebanyak 5 cc.
  3. Angkatlah kelinci dengan mulut menghadap keatas, buka mulutnya dan jika perlu di ganjal dengan kayu, paralon atau bambu yang kecil. Agar mulut selalu terbuka. 
  4. Biarkan posisi kelinci seperti itu selama 30-45 menit.
  5. Ulangi lagi setelah 6 jam kemudian sampai angin dalam perut keluar.
  6. Jika kembung disertai infeksi pencernaan maka pemberian antibiotik sangat dianjurkan.
Demikian cara mengobati kembung pada kelinci dengan pemberian obat dimeticone / antibloat, semoga dapat bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

RESEP BAKMI ALA BAKMI GAJAHMADA (GM)

Cara Mengcopy Aplikasi Android

Kenapa Sebaiknya Kamu Jangan Nonton Bokep Rame-Rame