Cara Membasmi & Mengobati Cacing Pada Kucing

Mengobati cacingan pada kucing tidak hanya terlepas dari hewan peliharaan tersebut menunjukkan tanda-tanda / gejala cacingan, tetapi merupakan suatu cara yang terprogram secara rutin. Perlu diingat bahwa makanan kucing tidak sepenuhnya terbebas dari telur cacing, termasuk juga lingkungan dan kandangnya. Kebiasaan kucing yang selalu menjilat-jilat juga bisa menjadi faktor terjadinya kasus cacingan. 
illustrasi pakan kucing mengandung cacing
Parasit dalam hal ini cacing jika dibiarkan saja, akan menimbulkan kerugian ekonomis dan kesehatan bagi kucing itu sendiri. Kerugian ekonomis adalah nilai pakan yang diberikan tidak sesuai dengan kadar nutrisi yang diserap oleh usus kucing.
Kemudian kerugian kesehatan bagi kucing karena cacing akan menimbulkan tanda-tanda cacingan pada kucing itu sendiri, seperti ; kurus, diare encer sampai berdarah, bulu kusam, kucing mudah terserang penyakit, tubuh kucing tidak tumbuh secara normal dan dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh, kucing dapat mengalami anemia atau kekurangan darah, kucing bisa mengalami kekurangan protein-mineral-asam amino, produktifitas dari organ reproduksi kucing terganggu dan gangguan hormonal pada kucing. Melihat kerugian yang ditimbulkan oleh parasit cacing tersebut maka langkah yang harus ditempuh untuk membasmi cacing adalah memberikan obat cacing pada kucing secara teratur.
Pemberian obat cacing pada kucing secara terprogram dan rutin akan memberikan dampak yang positif bagi perkembangan dan pertumbuhan kucing itu sendiri. Fungsi-fungsi organ terutama usus kucing yang berguna sebagai penyerap makanan akan bekerja dengan baik tanpa hambatan. Dengan adanya penyerapan makanan yang baik maka nutrisi akan terserap secara sempurna ke dalam tubuh.
Untuk melaksanakan program pengobatan cacing haruslah disesuaikan dengan siklus hidup cacing, mulai dari telur sampai cacing itu dewasa. Beberapa obat cacing mampu membunuh telur cacing, namun tidak sedikit juga obat cacing yang tidak bereaksi dalam membasmi telur cacing. Pengobatan pada stadium telur cacing merupakan hal yang sulit, untuk itu setiap pengobatan cacing yang paling efektif adalah pada saat stadium larva sampai cacing dewasa. Setiap jenis cacing mempunyai siklus hidup yang berbeda-beda, sehingga untuk program pencegahan cacingan pada kucing lebih baik mengunakan obat cacing yang mempunyai spektrum luas contohnya albendazole, fenbendazole, flubendazole, mebendazole, oxfendazole, febantel dan  obat cacing lainya. 
Pemberian obat cacing dengan periode 2-3 bulan sekali akan membantu dalam hal pencegahan cacingan pada kucing ataupun hewan lainnya. Untuk itu saya mengajak para pecinta kucing dan hewan kesayangan untuk melakukan pemberian obat cacing secara rutin demi kesehatan kucing kita sendiri.
Kemudian untuk kucing yang mengalami kasus cacingan yang hebat maka disarankan untuk melakukan pengobatan secara kontinyu yaitu selama 3 sampai 5 hari dengan dosis sesuai jenis zat kandungan obat cacingnya. Contohnya untuk obat cacing albendazole memiliki dosis 2-3 mg/kg BB, fenbendazole 3-5 mg/kg BB, oxbendazole 2-3 mg/kg BB dsb.
Demikianlah cara membasmi dan mengobati cacing pada kucing, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

RESEP BAKMI ALA BAKMI GAJAHMADA (GM)

Cara Mengcopy Aplikasi Android

Kenapa Sebaiknya Kamu Jangan Nonton Bokep Rame-Rame