Waktu Yang Tepat Inseminasi Buatan Pada Sapi

Ketepatan penentuan waktu Inseminasi Buatan pada sapi merupakan salah satu faktor keberhasilan IB. Pada kasus dilapangan kegagalan inseminasi buatan pada sapi salah satu faktornya adalah terlambatnya atau terlalu cepat dalam pelaksanaan Inseminasi Buatan. Sehingga terjadi kawin berulang pada sapi betina tersebut. Dan hal ini merugikan peternak sapi itu sendiri. Kerugian peternak dari keterlambatan deteksi birahi sangatlah besar, mulai dari biaya inseminasi buatan, biaya tenaga kerja satu siklus birahi, dan biaya pakan satu siklus birahi serta memperpanjang calving interval dari kelahiran sapi.  Untuk itu pengetahuan tentang deteksi birahi sangatlah penting untuk menentukan ketepatan pelaksanaan birahi pada sapi betina.
Lama satu siklus birahi pada sapi normal yang tidak terganggu alat reproduksinya adalah berkisar antara 18-24 hari dan rata-rata 21 hari. Lamanya birahi antara 1-2 hari. Pengetahuan ini bukan hanya untuk peternak saja, namun para Inseminator IB pun harus mengetahui dengan baik tentang waktu yang tepat melaksanakan Inseminasi Buatan. Inseminator perlu mempunyai catatan atau petunjuk tentang saat-saat yang tepat untuk mengawinkan sapi yang sedang birahi, karena lama birahi pada ternak sapi kira-kira 15-20 jam, maka waktu mengawinkan / IB juga memiliki variasi yang luas yang perlu diketahui oleh inseminator. Konsepsi yang baik untuk pembuahan/ bunting bila sapi dikawinkan/ di IB terhitung antara pertengahan birahi sampai akhir birahi, yaitu 6 jam sesudah akhir birahi. Coba perhatikan gambar di bawah ini :

 Waktu Inseminasi Buatan Yang Tepat/></a></td></tr><tr><td class="tr-caption" style="text-align: center;">Estrus Pada Sapi</td></tr></tbody></table><br /><div style="text-align: justify;">Pada gambar tersebut dapat dijelaskan bahwa saat /waktu yang tepat untuk mengawinkan atau melakukan Inseminasi Buatan / IB adalah setelah 6 jam s/d 24 jam setelah birahi. Jika kurang dari 6 jam atau lebih dari 24 jam dari saat birahi maka dapat dipastikan bahwa Inseminasi Buatan akan gagal :</div><div style="text-align: justify;">Berdasarkan gambar estrus tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa waktu yang tepat untuk IB adalah : </div><ul style="text-align: justify;"><li>Jika birahi sapi terjadi pada waktu pagi hari s/d jam 10 maka Inseminasi Buatan/ IB harus dilakukan pada sore hari, jika dilakukan pada pagi hari esoknya maka IB sudah terlambat.</li><li>Jika birahi terjadi pada siang hari s/d jam 15.00 maka waktu yang tepat adalah sekitar jam 19.00 s/d pagi jam 08.00. Jika lebih dari jam 08.00 tersebut maka IB terlambat.</li><li>Jika birahi sapi sore atau malam hari, maka saat yang tepat untuk IB adalah besok pagi sebelum jam 10.00. Jika lewat dari jam 10 pagi maka kemungkinan besar IB gagal.</li></ul>Semoga dengan artikel ini para peternak sapi bisa mengetahui ketepatan waktu untuk mengawinkan atau melaksanakan Inseminasi Buatan, sehingga target swasembada daging sapi nasional dapat tercapai pada 2014 nanti, amien. Namun perlu di ingat bahwa kegagalan Inseminasi Buatan bukan hanya terletak pada ketepatan waktu/saat IB saja, Itu merupakan salah satu faktor dan masih ada beberapa penyebab lainnya yaitu kondisi straw, gangguan alat reproduksi sapi termasuk gangguan hormonal, kwalitas pakan sapi, dan ketrampilan Inseminsator IB.<br />Demikian semoga dapat bermanfaat bagi semuanya. <br /><br />
</div>
<div class=

Comments

Popular posts from this blog

RESEP BAKMI ALA BAKMI GAJAHMADA (GM)

Cara Mengcopy Aplikasi Android

Kenapa Sebaiknya Kamu Jangan Nonton Bokep Rame-Rame