Penyakit ORF (Kutil) Pada Kambing dan Domba

gambar penyakit ORF pada kambing
Penyakit ORF Pada Kambing
Penyakit ORF merupakan penyakit menular pada kambing dan domba yang ditandai dengan adanya kutil-kutil atau keropeng pada bibir. Penyakit ORF ini disebut juga penyakit Contagious Ovine Ecthyma, Contagious Pustular Dermatitis, Scabby Mouth atau Infectious Labial Dermatitis.
Walaupun penyakit ini jarang menimbulkan kematian pada kambing atau domba, namun dari segi ekonomis dapat menurunkan harga jual dari kambing atau domba yang menderita. Kerugian lain adalah penyakit ORF ini sangat menular kepada kambing / domba lainnya, serta menurunkan nafsu makan dari kambing/domba sehingga domba atau kambing lambat laun akan menjadi kurus.
Penyakit ORF ini disebabkan oleh virus yaitu Parapoxvirus dari famili Poxviridae.
Gejala Klinis yang sering muncul pada penyakit ORF adalah adanya eritema (bintik-bintik merah) kemudian peradangan pada kulit disekitar mulut kambing/domba. Karena timbul rasa gatal, mulut digosok-gosokan akhirnya timbul lepuh. Lepuh kemudian pecah, keluar cairan selanjutnya membentuk kerak atau keropeng terutama pada kulit mulut kambing/domba. Penularan dapat terjadi secara kontak langsung melalui luka dengan masa inkubasi sekitar 2-5 hari.
Diagnosa Penyakit ORF dapat didasarkan pada gejala klinis, patologi anatomi dan data epidemiologi. Untuk menyakinkan lagi maka pada pemeriksaan di laboratorium bisa di deteksi dengan melakukan uji serologis, isolasi dan identifikasi agen penyebab dan pemeriksaa histopatologi.
Penyakit lain yang hampir mirip dengan penyakit orf adalah sheeppox dan ulcerativa dermatitis. Sehingga dalam mendiagnosa penyakit ORF dibutuhkan kejelian dan pengalaman dalam rangka menentukan obat yang harus diberikan pada kambing/domba yang menderita penyakit tersebut.
Untuk pengobatan penyakit orf pada kambing atau domba maka yang harus dilakukan adalah keropeng harus dibersihkan kemudian diobati dengan yodium tincture, dapat pula diberikan antibiotik spray (semprotan) untuk mencegah infeksi bakteri sekunder. Contoh antibiotik tersebut adalah Limoxyn-25 Spray.
Beberapa pengalaman pengunaan autoimun dari material keropeng dapat juga membantu mempercepat persembuhan penyakit ORF ini. 
Agar ternak kambing atau domba yang lain tidak tertular maka kambing atau domba penderita diharuskan untuk di isolasi, kandang dan peralatan disuci hamakan (dekontaminasi).
Demikian pengobatan penyakit orf atau keropeng/kutil pada kulit mulut kambing dan domba, semoga dapat bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

RESEP BAKMI ALA BAKMI GAJAHMADA (GM)

Cara Mengcopy Aplikasi Android

Kenapa Sebaiknya Kamu Jangan Nonton Bokep Rame-Rame