Penyakit Lidah Biru Pada Domba dan Kambing

gambar penyakit lidah biru
Penyakit Blue Tongue
Penyakit Blue Tongue adalah penyakit infeksius pada domba yang ditandai dengan warna lidah yang menjadi kebiru-biruan. Penyakit ini juga biasa disebut ovine catarrhal fever, sore muzzle, sore mouth yang disebabkan oleh virus yang bernama Orbivirus dari famili Reoviridae  dan ada sekitar 21 serotipe virus Blue Tongue.
Di Indonesia penyakit ini sudah dinyatakan bebas dan tidak ada lagi laporan mengenai kejadian penyakit Blue Tongue ini. Namun demikian kita sebagai peternak harus tetap waspada jika suatu saat muncul kembali di Indonesia.
Penyakit Blue Tongue ini memiliki masa inkubasi antara 4-7 hari, dengan gejala klinik sebagai berikut :
Demam tinggi mencapai 41 oC berlangsung 6-8 hari, bibir mengalami hiperemi, edema, membrana mukosa mulut hiperemia, keluar leleran encer dari hidung kemudian menjadi kental dan mukopurulen, lidah dan bibir kelihatan berwarna kebiruan (sianosis), adanya hipersalivasi dan pada domba dapat menyebabkan keguguran.
Pada perubahan Patologi Anatomi yang dapat kita lihat adalah :
Kulit bibir dan hidung hiperemik, lidah berwarna kebiruan dan epitelnya mengalami pengelupasan, saluran pencernaan mengalami kongesti kadang-kadang disertai perdarahan, limpa dan ginjal mengalami kongesti dan edema serta sering disertai petekie, jantung biasanya memperlihatkan perdarahan sub-endocardial pada ventrikel kiri dan pada bagian pangkal arteri pulmonalis.
Tingkat kematian akibat penyakit blue tongue ini bervariasi antara 5 - 80 % tergantung daya tahan tubuh domba tersebut. Domba merupakan hewan yang paling peka terhadap penyakit ini, sedangkan kambing walaupun dapat terserang penyakit blue tongue hanya menunjukan gejala klinis yang ringan. Kemudian sapi dalam penyakit blue tongue ini bertindak sebagai hewan karier ( reservoir). Penyakit Blue Tongue ini dapat menular dari domba ke domba lain melalui lalat Culicoides sp, sehingga faktor penyebaran penyakit blue tongue ini dipengaruhi oleh populasi lalat Colicoides tersebut.
Diagnosa Banding Penyakit Blue Tongue :
Penyakit yang hampir mirip dengan blue tongue adalah penyakit orf, fotosensitisasi, infestasi oestrus ovis, sheeppox dan vesicular stomatitis.
Hal yang paling menakutkan adalah penyakit ini tidak bisa diobati, hanya bisa dicegah dengan cara :
  • Domba penderita blue tongue harus di isolasi, disemprot dengan insektisida untuk menekan populasi vektor lalat.
  • Menjaga kebersihan kandang dan lingkungan yang mungkin bersarangnya vektor lalat Culicoides tersebut.
Untuk Uji Pemeriksaan Laboratorium terhadap material adalah :
  • Sample darah (saat demam) dalam antikoagulan, kelenjar limfe mesenterika dan limpa dalam medium transpor.
  • Serum untuk pemeriksaan serologi.
  • Organ-organ yang mengalami perubahan dalam formalin 10 % pemeriksaan histopatologi.
Demikian mengenai penyakit lidah biru pada kambing dan domba serta bagaimana pencegahannya, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

RESEP BAKMI ALA BAKMI GAJAHMADA (GM)

Cara Mengcopy Aplikasi Android

Kenapa Sebaiknya Kamu Jangan Nonton Bokep Rame-Rame