Mengobati Penyakit Scabies/Gudikan Pada Kambing

Cara mengobati penyakit gudik/scabies pada kambing sangat mudah, namun sebelum itu perlu diketahui dahulu jenis penyakit scabies ini.
gambar kudis pada kambing
Penyakit scabies bisa terjadi pada kambing, kucing, anjing, sapi, babi dan hewan lain. Penyakit scabies ini biasa disebut juga dengan penyakit gudikan/kurap atau kudis menular. Penyebab penyakit gudigan/scabies/kudis/kurap ini adalah parasit tungau yang ditandai dengan adanya radang kulit yang bersifat kronis. Parasit tungau penyebab kurap/scabies/kudis/gudigan adalah Sarcoptes scabei, Chorioptes spp, Psoroptes spp, Choriopsporoptes spp, Notoedres spp.

Gejala Klinis Scabies
  • Kambing penderita kurapan/gudikan/scabies tampak gelisah karena rasa gatal, menggaruk-garukan atau menggesek-gesekkan tubuhnya sehingga dapat terjadi luka dan pendarahan. Sering terjadi infeksi sekunder sehingga timbul abses dan bau busuk.
  • Cairan yang keluar dari luka akan membentuk keropeng-keropeng.
  • Kulit menjadi tebal dan bulu rontok.
  • Penderita scabies akan terganggu makannya sehingga ia akan menjadi kurus dan akhirnya mati karena kekurangan gizi (malnutrisi).
  • Pada hewan muda, angka kematian bisa mencapai 50 % atau lebih bila diikuti infeksi sekunder.
Perubahan Patologi Anatomi
Pada penyakit scabies ini tidak ada perubahan patologi anatomi atau lesi yang khas kecuali adanya jejas-jejas pada kulit.

Epidemiologi Penyakit Scabies
  • Penyakit Scabies menular melalui kontak langsung dengan hewan / kambing penderita atau peralatan yang tercemar tungau.
  • Kambing muda lebih peka dari pada kambing dewasa.
  • Umumnya kasus/ wabah scabies terjadi saat musim hujan.
Diagnosa Penyakit Scabies
Penyakit scabies atau gudikan ini didiagnosa berdasakan gejala klinis. Sedangkan untuk mengidentifikasi jenis tungau penyebabnya maka diperlukan konfirmasi laboratorium.
Diagnosa Banding pada penyakit sabies adalah dermatitis yang disebabkan oleh jamur atau penyakit ini juga sering dikelirukan dengan penyakit demodecosis.

Pengobatan Penyakit Scabies
Pengobatan Penyakit Scabies/gudikan/kudis menular pada kambing bisa dilakukan dengan cara :
  • Pengobatan dengan melakukan spraying/ penyemprotan dengan larutan Coumaphos dengan kadar 0,1 %. Spraying dapat dilakukan berulang-ulang dengan interval 1-2 minggu sampai semua kambing bebas dari penyakit ini.
  • Obat lain yang cukup ampuh dalam mengobati penyakit gudik/ scabies pada kambing adalah Ivermectine diberikan secara subkutan dengan dosis 200 gr per berat badan. Merek dagang yang sering di gunakan adalah Intermectine yang diproduksi oleh interchemie.
Tindakan Pencegahan/ Pengendalian Penyakit Scabies
Tindakan yang perlu dilakukan untuk mencegah dan mengendalikan agar kambing tidak terserang penyakit gudik adalah 
  • Menjaga kebersihan kandang dan lingkungannya.
  • Mengawasi dengan cermat ternak kambing yang keluar masuk ke dalam area peternakan kambing.
  • Populasi kambing agar disesuaikan dengan luas lahan atau kandang yang tersedia.
Material Untuk Pemeriksaan Laboratorium
Organ tubuh yang perlu di uji di laboratorium adalah kerokan kulit tanpa bahan pengawet, bila langsung diperiksa dialboratorium. Namun jika jauh dari laboratorium maka dapat di berikan pengawet alkohol 70 % atau formaslin 5 % agar tidak busuk.
Demikian cara mengenali dan mengobati penyakit scabies atau gudik pada kambing, semoga dapat bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

RESEP BAKMI ALA BAKMI GAJAHMADA (GM)

Cara Mengcopy Aplikasi Android

Kenapa Sebaiknya Kamu Jangan Nonton Bokep Rame-Rame