Cara Memilih Bibit Kelinci Yang Baik

Salah satu faktor keberhasilan beternak kelinci adalah cara memilih bibit yang baik dan unggul. Bisa di bayangkan bila kita beternak kelinci yang kerdil, berpenyakitan atau memiliki reproduksi yang buruk, bisa membuat stres pemiliknya atau bukanya untung malah buntung. Untuk itu kita harus mengetahui memilih bibit kelinci yang unggul.
Ada beberapa parameter yang harus diketahui oleh peternak kelinci dalam memilih bibit kelinci yaitu :
    gambar kelinci cantik
  1. Bibit kelinci harus sehat yang dicirikan dengan nafsu makan yang baik dan harus memiliki gerakan yang aktif.
  2. Bibit kelinci harus memiliki bentuk badan dan kepala yang proposional, kompak dan seimbang, artinya jika berbadan besar maka kepalanya juga harus besar, jika badanya kecil maka kepalanya juga harus kecil. 
  3. Bibit kelinci harus memiliki mata bulat bercahaya, selaput matanya bersih dan mempunyai pandangan yang cerah dan jernih. Jika mata kelinci layu/sayu dan tidak jernih, ini menunjukan bahwa kelinci sedang sakit dan tidak boleh di jadikan bibit kelinci dan harus diafkir.
  4. Bibit kelinci juga harus memiliki moncong, hidung dan mulut yang bersih. Jangan memilih bibit kelinci yang pilek yang ditunjukkan dengan basahnya area hidung, moncong dan mulut akibat adanya leleran cairan di hidung.
  5. Bibit kelinci juga harus memiliki  bentuk kaki yang normal, kokoh, kuat dan berkuku pendek serta tidak cacat atau abnormal. Kaki kelinci yang cacat bisa berbentuk X ataupun O, sedangkan yang baik adalah lurus dan proposional. Untuk mengetahui bentuk kaki, kita harus melihat kaki kelinci dari depan.
  6. Bibit kelinci yang unggul harus memiliki badan yang bulat, berdada lebar dan padat serta tidak kurus.
  7. Sedangkan jika dilihat dari segi bulu, bibit kelinci yang unggul memiliki bulu yang licin, bersih, halus dan mengkilat. Kulit tidak terserang kurap, gudik ataupun penyakit kulit lainnya.
  8. Daerah anus pada bibit kelinci yang unggul adalah bersih, tidak ada bekas kotoran diare atau mencret, serta kering.
  9. Ciri yang terakhir untuk bibit kelinci yang unggul adalah memiliki ekor yang tumbuh lurus keatas dan nampak menempel ke punggung serta bentuknya tidak miring atau rebah ke samping atau terpuntir.
Demikian cara memilih bibit kelinci yang unggul dan baik, semoga dapat bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

RESEP BAKMI ALA BAKMI GAJAHMADA (GM)

Cara Mengcopy Aplikasi Android

Kenapa Sebaiknya Kamu Jangan Nonton Bokep Rame-Rame