Penyebab dan Pengobatan Kurap Pada Kelinci

Penyebab dan Pengobatan Kurap Pada Kelinci


Penyebab kelinci yang terkena kurap dan cara mengobati kurap pada kelinci merupakan sesuatu hal yang sering ditanyakan oleh peternak kelinci. Kelinci yang terkena kurap akan menyebabkan berkurangnya berat badan, turunnya produktifitas dan dapat menyebabkan kematian, disamping itu secara ekonomis akan pula menurunkan nilai jual dari kelinci yang terinfeksi kurap tersebut. Penyakit kurap pada salah satu kelinci ini dapat menularkan pada kelinci yang sehat dalam satu kandang, sehingga penyakit ini harus diwaspadai demi kelangsungan budidaya kelinci kita.
kelinci kurapan
Gambar Kelinci Kurapan

Kurap atau yang biasa disebut scabies merupakan penyakit yang disebabkan oleh sarcoptes scabei. Itu merupakan sejenis parasit yang menyerang kulit, biasanya daerah yang sering terinfeksi kurap adalah daerah telinga kelinci, mulut dan kaki. Kulit yang terserang akan mengalami gatal, bersisik, kulit menebal dan bulu kelinci akan rontok. Dalam kasus yang parah kelinci akan sangat menderita dan akan menyebabkan nafsu makan menurun, sehingga lambat laun akan menjadi kurus dan mudah terinfeksi penyakit lainnya.
Sarcoptes scabei penyebab kurap tersebut memiliki habitat lingkungan yang lembab dan kotor, sehingga jika kelinci hidup di kandang dengan lingkungan tersebut maka, kemungkinan besar akan terjadinya infeksi kurap menjadi sangat besar. Untuk itu jika kita ingin kelinci bebas dari penyakit kurap maka lingkungan yang sehat, bersih, cukup cahaya, cukup udara dan tidak lembab perlu dijaga dan diperhatikan. Dengan lingkungan yang nyaman dan sehat maka proses budidaya kelinci menjadi mudah dan tidak akan terserang penyakit.
Pengobatan Kelinci yang Terinfeksi Kurap
Pengobatan kurap pada kelinci meliputi dua aspek yaitu kebersihan lingkungan dan hewan kelinci itu sendiri.
Jika pengobatan hanya di fokuskan pada kelincinya saja maka selang beberapa bulan akan kambuh lagi, hal ini disebabkan karena lingkungan kandang masih tercemar oleh parasit penyebab kurap tersebut. Ada beberapa langkah pengobatan kurap yang harus dilakukan oleh peternak untuk mengobati kelinci kurapan yaitu dengan cara :
  1. Pisahkan kelinci yang terkena kurap dari yang sehat atau bahasa lainnya kelinci tersebut di karantina di kandang yang lain.
  2. Bersihkan kandang dengan mengunakan air deterjen sampai bersih, lalu lakukan pengoboran dengan alat pengobor tikus, dan yang terakhir lakukan pengapuran dengan kapur yang biasa dijual di pasaran. Perhatikan daerah ujung atau tempat yang tersembunyi, biasanya daerah tersebut yang menjadi sarang sarcoptes scabei.
  3. Jemurlah kandang yang telah bersih itu dibawah sinar matahari selama 1 hari.
  4. Untuk pengobatan kelinci yang kurap, bisa mengunakan obat intermectine dengan dosis 0,02 ml per Kg, ulangi 2 minggu kemudian dengan dosis yang sama.
  5. Setelah sehat dan sembuh, kelinci tersebut boleh untuk dicampur dengan kelinci yang lain.
Demikian Penyebab dan Cara Pengobatan Kurap Pada Kelinci, semoga bermanfaat.


Comments

Popular posts from this blog

RESEP BAKMI ALA BAKMI GAJAHMADA (GM)

Cara Mengcopy Aplikasi Android

Kenapa Sebaiknya Kamu Jangan Nonton Bokep Rame-Rame