Pengobatan Radang Mata Pada Kelinci

Tanda-tanda radang mata pada kelinci biasanya terjadi penumpukan belek (kotoran), mata memerah terutama daerah konjungtiva, kemudian mata berair yang ditunjukkan dengan basahnya daerah bulu mata. Kelinci yang sering terkena penyakit radang mata adalah kelinci yang masih kecil (anak kelinci), walaupun terkadang kelinci dewasa juga dapat mengalaminya. Hal ini dikarenakan faktor daya tahan tubuh, pada kelinci yang kecil daya tahan tubuh relatif lebih rendah dan belum optimal dibandingkan dengan kelinci dewasa.
mata kelinci belekan
Radang Mata Kelinci ( belekan)
Mata belekan pada kelinci ini merupakan akibat adanya infeksi bakteri. Bakteri ini bisa secara langsung menyerang atau dapat pula didahului dengan adanya alergi akibat debu. Mata yang terkena debu menyebabkan kelinci mengaruk-ngarukkan matanya, sehingga terjadi iritasi dan luka didaerah mata tersebut dan bakteri dapat dengan mudah menginfeksi mata kelinci tersebut.
Akibat infeksi mata pada kelinci menyebabkan nafsu makan menurun sehingga berat badanpun akan turun. Untuk itu segera diambil tindakan pengobatan yang efektif untuk mengatasinya. Cara yeng efektif untuk pengobatan adalah membersihkan area mata dengan air/cairan yang isotonis seperti boorwater dengan mengunakan kapas untuk menghilangkan belek mata kelinci tersebut. Langkah lebih lanjut adalah mengunakan tetes mata yang mengandung antibiotik atau bisa juga mengunakan salep mata yang mengandung gentamicin atau antibiotik lainnya. pengobatan ini tidak hanya sekali, namun dilakukan 3 kali sehari selama 5 hari berturut-turut sampai radang mata pada kelinci sembuh.
Demikian pengobatan dan penanganan radang mata pada kelinci, semoga dapat bermanfaat.


Comments

Popular posts from this blog

RESEP BAKMI ALA BAKMI GAJAHMADA (GM)

Cara Mengcopy Aplikasi Android

Kenapa Sebaiknya Kamu Jangan Nonton Bokep Rame-Rame